7 Kebiasaan Yang Merusak Produktivitas Saat Bekerja

Share via FB,Twitter, & Google+ !

Mau karir bagus?

Salah satu kuncinya adalah produktivitas.

Bukan lamanya Anda bekerja, tetapi sejauh apa pencapaian Anda.

Pencapaian Anda disebabkan kurangnya produktivitas Anda.

Produktivitas bisa rusak karena ada kebiasaan jelek yang dilakukan saat bekerja.

Inilah 7 Kebiasaan Yang Merusak Produktivitas Saat Bekerja

7 Kebiasaan Yang Merusak Produktivitas Saat Bekerja

Ada beberapa kebiasaan yang merusak produktivitas Anda, bahkan sebagian kebiasaan ini sepertinya sepele tetapi berdampak besar pada produktivitas Anda.

Terlalu Sering Membuka Email

Membuka email sepertinya sepele, tapi kalau Anda terlalu sering akan merusak produktivitas Anda. Bukan hanya waktu yang terbuang percuma, juga pikiran Anda yang terganggu dan tidak fokus pada pekerjaan.

Ada baiknya Anda membaca artike ini untuk mengelola email dengan baik. Jika tidak, tanpa terasa produktivitas Anda akan menurun.

Terlalu Sering Membuka Facebook Atau Social Media Lainnya

Mungkin hanya sekedar ingin melihat update tebaru. Kemudian Anda scroll ke bawah, mencari kabar dari teman. Anda link berita atau artikel menarik, Anda membuka dan membacanya.

Kemudian kembali ke facebook. Ada teman yang melucu, Anda ikut komentar biar tambah seru. Teman Anda membalas dan akhirnya ngobrol.

Terlintas ada iklan produk yang menarik. Diskon besar lagi, Anda klik dan melihat-lihat produk yang ditawarkan.

Dan seterusnya …

Tidak terasa sudah 1 jam berada di Facebook. Waktu terbuang dengan percuma.

Solusi: tutup Facebook atau social media lainnya. Buat jadwal usahakan bukan saja di luar jam kerja. Tidak ada hal yang sangat penting di Facebook.

Terlalu Sering Rapat

Rapat memang penting tetapi jika terlalu sering, akan menghabiskan banyak waktu. Jika Anda seorang leader, sebelum memikirkan rapat, cobalah cari cara agar tidak perlu rapat.

Jika Anda diundang rapat pun, berpikirkan apakah memang harus hadir atau tidak. Bicarakan dengan pengundang rapat sejauh mana kepentingan Anda hadir dalam rapat tersebut.

Ada email, ada project management online, ada memo, dan sebagainya yang bisa dioptimalkan sebelum memutuskan mengadakan rapat. Cobalah beri masukan kepada atasan Anda.

Memang ada beberapa hal yang tidak boleh tidak harus rapat. Pastikan memang tidak ada jalan lain kecuali bertemu. Jika ada jalan lain, kenapa harus rapat?

Bukan tidak boleh rapat, yang merusak produktivitas adalah terlalu sering rapat.

Datang Terlambat

Mungkin di beberapa perusahaan tidak mewajibkan datang tepat waktu, yang penting jam kerja terpenuhi. Tapi datang telat waktu tetap saja akan merusak produktivitas Anda.

Jika Anda datang telat, maka otomatis pulang pun telat. Yang biasa jam 17:00 misalnya berubah menjadi jam 18 atau jam 19. Masalahnya apakah bekerja larut lebih produktif? Jelas, bekerja di pagi hari saat badan dan pikiran segar lebih produktif.

Cendrung Mengerjakan Yang Mudah Dulu

Ini kesalahan dalam mengelola daftar kerja (to do list). Kecendrungan memilih pekerjaan-pekerjaan mudah dulu bisa merusak produktivitas. Sering kali pekerjaan sulit atau berat terbengkalai.

Besoknya kita ketemu lagi dengan pekerjaan sulit ditambah pekerjaan baru yang lebih mudah. Akhirnya, kita memilih yang mudah lagi dan lagi.

Pekerjaan sulit akhirnya tidak terselesaikan dengan segera.

Padahal bisa jadi pekerjaan sulit itu penting dan mendesak serta mempengaruhi pekerjaan sebelumnya.

Solusinya, mulailah mengerjakan pekerjaan yang penting dan mendesak. Saat membuat prioritas pekerjaan, mulailah mengutamakan pekerjaan yang penting, bukan mudah.

Terlalu Banyak Minum Kopi

Banyak yang mengira dengan minum kopi akan tetap fokus dan semangat serta tidak mengantuk. Ada benarnya jika Anda minum dalam jumlah yang cukup. Tetapi terlalu banyak minum kopi akan merusak produktivitas Anda.

Akibat terlalu banyak minum kopi Anda akan menghabiskan waktu untuk membuat kopi. Kemudian biasanya akan lebih sering ke kamar mandi untuk buang air kecil karena sifat kopi yang memancing sering ingin BAK.

Akhirnya banyak waktu terbuang bukan?

Belum lagi turunnya kesehatan Anda akibat terlalu banyak kopi dan gula, karena biasanya minum kopi disertai gula.

Makan di Tempat Kerja

Entah kenapa ada orang yang suka makan di tempat kerja, padahal sulit rasanya bekerja sambil makan.

Makan ditempat kerja bisa merusak produktivitas. Biasanya setelah makan akan kotor, ada bumbu atau kuah tumpah. Tumpah ke pakaian. Yang lebih parah tumpah ke laporan yang sebenarnya sudah selesai sehingga Anda harus mencetak ulang.

Ada pekerjaan-pekerjaan baru yang sebenarnya tidak perlu kita lakukan.

Dan yang lebih penting, makan di tempat kerja mengurangi kualitas makan Anda. Sudah banyak yang meneliti jika kita makan tetapi pikiran kemana saja, kualitas makan kita berkurang yang menyebabkan kesehatan kita berkurang juga.

Apa yang lebih kuat merusak produktivitas setelah kesehatan yang berkurang?

Penutup

Jangan sampai, hal-hal sepele diatas malah merusak karir Anda. Karir Anda ditentukan oleh produktivitas Anda dan produktivitas bisa rusak gara-gara hal sepele yang sebenarnya bisa Anda hindari.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *