7 Tips Agar Bisa Menabung Setiap Hari

Share via FB,Twitter, & Google+ !

Mau tips agar bisa menabung setiap hari?

Kita semua mengetahui kalau menabung itu penting.

Tapi dalam prakteknya susah minta ampun.

Kenapa? Tidak pernah ada uang sisa untuk ditabung?

Setiap bulan, selalu saja uang gajian habis, bagaimana mau menabung?

Padahal menabung itu penting, untuk dana darurat, untuk biaya sekolah atau untuk modal membangun bisnis.

Adakah cara jitu agar bisa menabung? Sementara penghasilan saya kecil?

Tips Agar Bisa Menabung Setiap Hari Berapa Pun Penghasilan Anda

7 Tips Agar Bisa Menabung Setiap Hari

Kemampuan menabung bukan ditentukan oleh seberapa besar gaji Anda. Anda bisa menabung ditentukan oleh seberapa kuat kemauan Anda untuk menabung.

Banyak yang beralasan, bagaimana mau menabung, gaji saya tidak cukup untuk keperluan sehari-hari. Karena tidak cukup, selalu saja uang saya habis setiap bulan. Bahkan tidak cukup.

Ada yang berkata. penghasilan Rp 3.000.000 itu tidak cukup. Mana bisa menabung. Mungkin kalau penghasilan saya Rp 5.000.000 bisa lah menabung.

Serius?

Ternyata ada orang yang berpenghasilan Rp 15.000.000 masih belum bisa menabung. Serius!

Sementara ada orang yang penghasilannya dibawah UMR tetapi bisa menabung. Serius. Kuncinya adalah keinginan yang kuat.

Atau kita bisa melihat fakta lain yang menunjukan seseorang sebenarnya bisa menabung, seberapa pun penghasilannya.

Banyak orang yang berpenghasilan rendah, mereka bisa merokok setiap hari. Artinya mereka bisa menyisihkan penghasilannya untuk merokok. Pertanyaannya kenapa tidak ditabungkan saja daripada digunakan untuk membeli rokok?

Kuncinya adalah keinginan untuk merokok lebih kuat dibandingkan keinginan menabung. Ya, kuncinya keinginan. Mereka bisa memaksakan membeli rokok karena keinginan untuk merokok begitu kuat.

Anda akan bisa menabung, jika keinginan menabung begitu kuat.

Jadi sejauh mana keinginan Anda untuk menabung?

Yah, akan butuh pengorbanan. Orang yang merokok itu mengorbankan hal lain demi merokok. Anda pun begitu, harus ada yang dikorbankan jika Anda mau bisa menabung.

Kuncinya ada di motivasi atau keinginan Anda. Tips agar bisa menabung setiap hari dibawah ini tidak akan berguna jika keinginan Anda belum kuat.

7 Tips Agar Bisa Menabung Setiap Hari

Kenapa setiap hari? Kenapa tidak setiap bulan? Padahal gaji saya bulanan, bagaimana bisa menabung harian?

Menabung bulanan kadang begitu sulit. Bukan tidak boleh, silahkan saja. Kalau bisa, Anda bisa menggabungkan menabung bulanan dan menabung harian.

Bagi Anda yang berdagang atau berbisnis, menabung setiap mungkin akan lebih cocok dibanding menabung bulanan.

Namun sebenarnya, yang penting itu bukan harian atau bulanan, ini hanya masalah teknis. Yang penting itu adalah Anda punya keinginan kuat dan disiplin menjalankannya.

  1. Jadikan prioritas. Jangan nunggu uang sisa. Penghasilan Rp 3.000.000 tidak cukup, penghasilan Rp 5.000.000 juga mungkin tidak cukup. Sama-sama tidak cukup bukan? Kalau begitu, rasanya tidak akan banyak berubah jika 10% dari penghasilan kita sisihkan untuk menabung sejak awal.
  2. Tentukan tujuan. Tujuan yang jelas akan menambah motivasi kita untuk menabung. Anda bisa membuat 3 kotak atau celengan untuk 3 tujuan Anda. Misalnya menabung untuk investasi, menabung untuk membeli sesuatu, dan menabung jangka panjang.
  3. Pakai teknologi. Bukan alasan lupa, sekarang sudah ada teknologi untuk mengingatkan. Atau bisa menggunakan autodebet atau auto transfer.
  4. Catat pengeluaran dan evaluasi. Bisa jadi ada pengeluaran yang sebenarnya bisa kita hentikan dan digunakan untuk menabung.
  5. Tabung recehan. Simpan setiap recehan yang Anda dapat. Atau bisa juga dengan teknik Rp 20.000. Caranya dimana Anda mendapatkan uang Rp 20.000, tabungkan.
  6. Menabung dalam bentuk barang. Barang yang berupa aset, bukan asal barang. Atau bisa juga ada orang yang rajin membeli batu bata sebagai bentuk menabung untuk membeli rumah. Atau menabung barang dagangan untuk Anda jual di kemudian hari.
  7. Menabung sebisanya dulu dan biasakan. Ya, jika masih kesulitan menabung dalam jumlah tertentu, Anda bisa mulai menabung dengan angka yang kecil sehingga tidak terasa kalau Anda menabung. Secara bertahap, tingkatkan besarnya sampai biasa kembali dan lakukan terus menerus.

Renungan Tentang Menabung

Tidak cukup sering kali menjadi alasan mengapa banyak orang yang tidak menabung. Padahal menabung tidak cukup, apakah dengan tidak menabung akan menjadi cukup? Jika masih sama-sama tidak cukup, mending memilih menabung.

Misalnya penghasilan Anda Rp 3.000.000 per bulan. Untuk sebagian daerah ini sudah diatas UMR. Tapi masih tidak cukup. Kemudian kita ambil 10% untuk menabung. Artinya untuk keperluan sehari-hari menjadi Rp 2.700.000.

Sejauh mana perubahan yang terjadi hidup dengan Rp 3.000.000 dibanding hidup dengan Rp 2.700.000? Saya kira tidak akan jauh berbeda. Mungkin sedikit ada beberapa masalah, namun jika serius untuk mengatasinya akan teratasi dan terbiasa.

Cari Pemasukan Tambahan Khusus Menabung

Salah satu ide, jika begitu sulit untuk menabung, coba pikirkan penghasilan sampingan yang khusus Anda gunakan untuk menabung. Adakah ruang di rumah Anda yang bisa disewakan? Nah uang sewanya gunakan untuk menabung.

Kadang, yang menjadi masalah adalah saat sudah punya penghasilan tambahan pun tetap habis dan tetap tidak cukup.

Penutup

Sebenarnya kemampuan menabung itu bukan ditentukan seberapa besar penghasilan Anda, tetapi sejauh mana Anda bisa mengendalikan diri. Menabung adalah sebuah bentuk pengendalian diri sendiri.

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *