Agar Anda Tidak Sulit Mendapat Pekerjaan

Share via FB,Twitter, & Google+ !

Sulit mendapatkan pekerjaan?

Sudah melamar kesana kemari, belum juga dapat pekerjaan?

Mau bisnis tidak punya modal.

Mau kerja harus ada pengalaman atau ada orang dalam.

Bagaimana solusinya?

Sebenarnya ada, silahkan baca artikel ini, mudah-mudahan bisa menjadi solusi buat Anda.

Karena faktanya, bukan hanya calon pekerja yang mencari lowongan pekerjaan. Perusahaan pun sama, mereka mencari karyawan.

Buktinya mereka sampai memasang iklan dan menyewa head hunter untuk mendapatkan karyawan.

Jadi, di satu sisi banyak orang yang mencari pekerjaan. Di satu sisi banyak perusahaan yang kesulitan mendapatkan karyawan. Bahkan sudah umu terjadi “pembajakan” karyawan dari satu perusahaan.

Rahasia Agar Tidak Sulit Mencari Pekerjaan

Agar Anda Tidak Sulit Mendapat Pekerjaan

Saya tidak akan membahas tentang bisnis dulu. Kita fokus bagaimana agar tidak sulit mencari pekerjaan, sebaliknya Anda diperebutkan oleh perusahaan-perusahaan dengan menawarkan gaji dan karir yang menggiurkan.

Pertanyaannya, bagaimana agar itu terjadi? Bagaimana caranya agar Anda diperebutkan oleh perusahaan? Kenapa bukan Anda yang dibajak dengan tawaran gaji yang lebih menggoda?

Kenapa?

Coba renungkan.

Ya, kualitas diri Anda. Perusahaan membutuhkan orang yang berkualitas. Mereka bahkan rela membayar head hunter untuk mendapatkan seorang karyawan. Tentu saja bukan sembarang karyawan, tetapi karyawan dengan kualitas yang tinggi.

Tapi saya belum pernah bekerja, bagaimana menunjukan kualitas diri?

Ya, mulailah bekerja. Saat bekerja, tunjukan kalau Anda itu hebat sehingga layak diperebutkan.

Anda butuh pekerjaan pertama agar Anda bisa membuktikan diri.

Caranya?

Kembali ke konsep dasar. Kualitas diri. Jadi, saat Anda sekarang meski pun belum bekerja, Anda sudah bisa menunjukan kualitas diri kepada orang lain.

OK, kita bahas satu per satu.

Cara Mandapatkan Orang Dalam

Banyak yang mengatakan, sulit mendapatkan pekerjaan karena tidak punya orang dalam. Nah, jika Anda meyakini itu, maka pertanyaannya, kenapa Anda tidak mencari “orang dalam” itu.

OK, kita buat defisini orang dalam, supaya Anda bisa menemukannya. Siapa orang dalam itu?

Yang disebut orang dalam yang bisa membantu Anda mendapatkan pekerjaan adalah:

  1. Orang yang sayang, peduli, dan percaya kepada Anda. Betul? Jika tidak dia tidak akan membantu Anda bukan?
  2. Orang yang sudah bekerja di sebuah perusahaan dan bisa merekomendasikan Anda ke perusahaan tersebut. Lebih bagus kalau dia itu petinggi bahkan pemilik perusahaan.

Bagaimana cara mendapatkannya?

Networking atau membangun jaringan atau silaturahmi dengan banyak orang. Semakin banyak Anda melakukan networking akan semakin besar peluang Anda mendapatkan “orang dalam”.

Semakin banyak ketemu orang, akan semakin besar Anda ketemu dengan orang yang memiliki kriteria nomor 2. Lakukan terus sehingga Anda banyak bertemu dengan mereka.

Lalu bagaimana dengan orang-orang yang memenuhi kriteria nomor 1, yaitu orang yang sayang, peduli, dan percaya kepada Anda?

Itu tergantung sikap Anda. Tergantung bagimana Anda bersikap kepada orang lain sehingga mereka sayang dan peduli serta percaya kepada Anda.

Prinsip dasarnya adalah berbuat baiklah kepada orang lain, maka otomatis orang lain akan baik kepada Anda. Sayang kepada orang lain, Anda akan mendapatkannya. Peduli kepada orang lain, maka orang lain akan peduli kepada Anda.

Lalu bagaimana mendapatkan kepercayaan? Pada dasarnya ada 2 unsur kepercayaan yang harus Anda miliki.

  1. Anda dipercaya sebagai orang baik, orang jujur, orang positif, orang bertanggung jawab, dan sebagainya yang pada intinya Anda dipercya sebagai orang baik.
  2. Anda dipercaya memiliki kemampuan tertentu yang hebat sehingga dibutuhkan oleh banyak perusahaan.

OK, bisa difahami sampai sini?

Mulailah Dengan Memperbaiki Sikap

Tindakan pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan memperbaiki sikap. Bagaimana sikap Anda kepada orang lain, kepedulian Anda, dan lainnya. Evaluasi sikap Anda selama ini, kemudian perbaiki dalam kehidupan sehari-hari.

Kemudian jaga secara konsisten. Sampai orang melihat dan merasakan bahwa Anda orang yang baik.

Jangan sampai kata-kata Anda sering menyakiti, jika janji suka ingkar, suka memanfaatkan orang lain. Termasuk sikap Anda di social media. Jujur saja, jika saya melihat orang yang suka menghina ulama di social media, saya tidak akan mau merekrutnya. Ulama saja dihina, apalagi saya?

Jadi, jaga tetap positif dimana saja. Bahkan di depan orang yang tidak prospektif merekrut Anda, karena bisa jadi dia akan merekomendasikan Anda kepada teman atau orang lain yang membutuhkan karyawan. Jadi, berbuat baiklah kepada semua orang, dimana pun, termasuk di dunia maya.

Miliki Kelebihan, Tidak Hanya Pendidikan

Jika Anda seorang sarjana IT, Anda juga sudah faham, bahwa sarjana IT itu bukan hanya Anda. Ada ribuan sarjana IT di luar sana. Anda harus memiliki kelebihan yang dibutuhkan banyak orang.

Coba riset, Anda bisa bertanya kepada teman-teman yang sudah bekerja. Seorang sarjana IT yang seperti apa yang dicari perusahaan. Kemudian kembangkan diri Anda menjadi seorang sarjana IT yang hebat.

Anda harus punya sesuatu yang menjadi alasan perusahaan atau orang lain memilih Anda.

Penutup

Mulai sekarang Anda harus memiliki 3 tindakan ini, baik Anda belum bekerja atau sudah mulai bekerja:

  1. Terus menjalin jaringan seluas mungkin. Peluang terbesar pekerjaan sebenarnya datang dari jaringan Anda, bukan iklan di media.
  2. Jaga sikap sebagai orang baik dan bisa dipercaya. Jangan berhenti sampai kapan pun.
  3. Terus tingkatkan kualitas diri Anda sehingga Anda menjadi seseorang yang hebat atau memiliki kelebihan yang dibutuhkan banyak orang.

Tentu butuh waktu untuk melakukan ketiga hal ini sampai menghasilkan. Bahkan setelah Anda berhasil pun harus terus dilakukan agar bisa mendapatkan karir lebih bagus, termasuk “dibajak” oleh perusahaan idaman Anda.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *