Cara Mengirim File Besar Jarak Jauh Via Internet

Share via FB,Twitter, & Google+ !

Pernahkah Anda mau mengirim file besar via email tapi ditolak? Karena terlalu besar?

Ya, email memangĀ  membatasi besarnya file lampiran. Misalnya hanya 25MB sekali kirim.

Masalahnya, file yang kita kirim ratusan MB bahkan sudah sampai GB.

Bagaimana caranya?

Mudah saja sebenarnya.

Yang penting Anda sebagai pengirim dan penerima terkoneksi dengan internet dengan quota yang cukup.

Inilah Cara Mengirim File Besar Jarak Jauh Via Internet Yang Mudah

Pada prinsipnya adalah sederhana. Anda cukup upload atau unggah file Anda ke layanan file sharing, ada yang gratis ada juga berbayar. Untuk keperluan kurang dari 2 GB, banyak layanan yang gratis.

Nanti Anda akan mendapatkan link download, kemudian kirimkan link tersebut kepada si penerima supaya dia bisa mendownload file yang Anda kirimkan.

Layanan yang paling saya sukai adalah Dropbox. Saat Anda mendaftar, Anda akan mendapatkan kapasitas 2 GB secara gratis.

Jika ingin lebih besar dalam hitungan Tera, Anda bisa upgrade untuk akun yang berbayar. Untuk akun Pro dengan biaya US$9.99 per bulan Anda akan mendapatkan kapasitas samai 1 TB. Tentu ada fasilitas tambahan untuk akun berbayar.

Namun untuk berbagai file dengan besar kurang dari 2 GB, akun gratis sudah sangat cukup.

Salah satu fitur yang saya sukai adalah bisa dintegrasikan dengan Windows Explorer di komputer kita. Jadi saat Anda mau upload file, cukup copy file secara biasa ke folder dropbox.

Untuk penerima tidak harus menjadi pengguna Dropbox, bukan pengguna pun bisa mendownload file yang kita bagikan.

Dropbox ditujukan untuk membagi file secara personal, artinya untuk beberapa orang saja. Jika Anda membagi file untuk ke banyak orang, Dropbox tidak cocok kecuali akun berbayar. Ini kekurangannya menurut saya.

Kelebihan lain, Anda bisa membuat 1 folder dimana Anda bisa sharing dengan orang-orang tertentu (harus pengguna dropbox) dan siapa pun bisa mengupdate file yang ada di folder tertentu. Cocok untuk kolaborasi pekerjaan bersama.

Cara Mendaftar Dropbox

Silahkan buka link ini: https://db.tt/Md519DZYSW

Itu link reveral saya kalau dibuka akan menuju halaman dropbox.

dropbox

Anda tinggal isi datanya, centang I Agree to Dropbox Term

Kemudian klik tombol Sign up for Free.

Anda akan langsung diminta mendownload sebuah file, download saja. File itu nanti Anda install agar bisa berbagai file melalui Windows Explorer.

Setelah itu Anda bisa login dan explore berbagai fasilitas yang ada. Anda bisa membuat folder untuk mengelompokan atau mengorganisasi file, kemudian di share dengan teman Anda. Silahkan dipelajari dalemannya.

Salah satu keunggulan Dropbox bukan hanya untuk share, tetapi sebagai backup data Anda atau untuk menyimpan file yang bisa diakses dimana saja.

Misalnya Anda seorang penulis, baiknya Anda menyimpan tulisan di dropbox. Pertama kalau-kalau komputer Anda ada masalah, file masih aman. Kedua Anda bisa akses dari komputer atau laptop mana pun. Misalnya di rumah Anda menggunakan komputer sementara saat keluar membawa laptop, Anda bisa bekerja pada file yang sama.

Layanan Lain Untuk Berbagi File

Sebenarnya selain Dropbox, masih ada layanan lain bahkan jumlahnya banyak. Silahkan bisa Anda coba, saya hanya menginformasikan saja, belum pernah mencoba semuanya.

Share by Link.

Bisa sampai 2 GB tanpa harus daftar. Bisa upload menggunakan software atau bisa upload via web.

share by link

Masih beta, tetapi sudah bisa Anda coba. Batasannya link download hanya bertahan 30 hari. Tapi saya kira 30 hari sudah cukup.

Berbeda dengan dropbox, Share by Link hanya untuk share saja, tidak bisa dijadikan buck up atau kolaborasi.

Send Transfer

Bisa kirim sampai 10 GB tanpa daftar. Link expired dalam 7 hari dan pengiriman link hanya via email. Anda harus memasukan email penerima dan email pengirim.

Penampakannya:

send transfer

DropSend

Untuk akun gratis Anda memiliki jatah sampai 4 GB (lumayan besar) dan 5 kali pengiriman dalam sebulan. Ada versi berbayar jika Anda ingin lebih besar dan pengiriman lebih sering.

Penampakannya:

dropsend

WeTransfer

Bisa mengirim 2 GB (gratis) sampai 20 GB (berbayar). Tidak harus mendaftar, pengiriman link via email. Fasilitas yang berbayar bisa memproteksi kiriman dengan password.

we transfer

Zip Share

Keunikan Zip Share bukan hanya bisa upload dari komputer, tetapi juga dari layanan cloud seperti Dropbox. Bisa share ke social media. Maksimal file untuk member gratis adalah 500 MB untuk pro sampai 5 GB.

Berikut tampilan zip share yang bisa menjelaskan apa yang bisa mereka lakukan.

zip share

File Email

File email cukup menggoda. Member gratisnya saja sudah 30 GB, yang berbayar ($9/bulan) bisa unlimited. Keren kan? Tersedia versi aplikasi smartphone, mengirima link via email. Patut dicoba dan cukup sederhana seperti mengirim email biasa.

file email

OK, jika Anda sudah mencoba, Anda bisa share pengalaman Anda melalui komentar, mana yang paling baik menurut Anda. Setiap orang pasti akan memiliki pengalaman berbeda untuk masing-masing cara Mengirim File Besar Jarak Jauh.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *