Jangan Membuang Waktu – Hindari Aktivitas Ini

Share via FB,Twitter, & Google+ !

Saya kira banyak orang yang mengatakan jangan membuang waktu.

Ya tentu saja. Waktu adalah hal yang berharga bagi hidup kita.

Uang bisa kembali, tapi waktu tidak pernah kembali.

Sayangnya kada kita terjebak pada aktivitas-aktivitas yang sebenarnya menyia-nyiakan waktu kita.

Ada banyak aktivitas yang kadang tidak terasa akan menyedot waktu kita.

Jangan Membuang Waktu Dengan Melakukan Ini

Jangan Membuang Waktu

Jangan Membuang Waktu dengan Menonton TV Keterusan

Tapi kita kan butuh hiburan …

Ya, kalau memang butuh hiburan, seperlunya saja. Yang menjadi masalah adalah jika keterusan menonton TV. Berjam-jam waktu kita habis dengan menonton TV.

Jika kita menonton sebagai selingan, hanya untuk menyegarkan diri, dan menonton tayangan yang bermanfaat atau benar-benar menghibur, ya boleh saja. Tetapi jika sudah kecanduan menonton TV, maka akan banyak waktu yang terbuang.

Sangat disayangkan … padahal banyak yang mengeluh dengan acara TV yang jelek, tetapi tangan tidak lepas dari remote control dan mata terus tertuju ke layar TV. Sambil menggerutu, koq acaranya jelek-jelek sich? Lucu kan?

Aktif di Social Media Yang Berlebihan

Selain TV, media yang menyedot banyak waktu adalah social media. Ya, sekali lagi, dalam taraf wajar, bersocial media boleh-boleh saja. Namun jangan sampai terjebak, terus menerus mata kita tertuju ke social media.

Social media begitu menggoda, sekali buka kita terpancaing untuk scroll layar. Mencari status atau share yang menarik, kemudian komentar. Cari lagi dan lagi. Atau ngobrol tidak ada ujungnya.

Apalagi ditambah dengan perdebatan politik dan SARA yang tidak pernah ada yang mengalah sehingga debat tidak pernah selesai.

Tidak puas dengan satu debat, dia akan merancang serangan lain yang memancing perdebatan selanjutnya.

Berkata “Ya” Kepada Semua Orang

Mungkin maksudnya ingin menyenangkan semua orang, padahal tidak pernah bisa. Jika kita terus berusaha menyenangkan semua orang dengan mengatakan ya kepada semua orang, itu hanya sia-sia belaka.

Ada satu orang yang seharusnya Anda senangkan tetapi Anda lewatkan, yaitu Anda sendiri. Juga otomatis akan melupakan orang-orang yang kita cintai.

Padahal berusaha menyenangkan semua orang adalah kunci untuk gagal. Anda tidak akan pernah berhasil menyenangkan semua orang.

Cukuplah mengatakan ya kepada orang yang layak dan seharusnya.

Mengatakan Ya Kepada Semua Ide

Memiliki kemampuan menghasilkan ide adalah penting. Tapi bukan berarti Anda melakukan semua ide, bahkan ide-ide baik sekali pun.

Anda harus berani mengatakan tidak kepada ide-ide yang ada bahkan yang Anda hasilkan, untuk mendapatkan 1 ide yang terbaik sehingga waktu Anda tidak terbuang mengerjakan ide-ide yang tidak atau kurang bermanfaat.

Lihat kata Steve Jobs, inovasi adalah mengatakan tidak pada 1000 hal.

Melakukan Hal Sama Untuk Hasil Berbeda

Banyak orang yang berharap hasil yang berbeda, tetapi melakukan hal yang sama terus-menerus. Ini tidak ada artinya, tidak berguna.

Logikanya, jika ingin menghasilkan hal yang berbeda, Anda harus melakukan hal yang berbeda pula.

Einstein mengatakan “gila” kalau kita melakukan hal yang sama dan berharap hal yang berbeda.

Berdebat Dengan Orang Pintar, Apalagi Dengan Orang Bodoh

Kebiasaan debat itu akan membuang waktu yang banyak. Kadang ada orang yang memancing-mancing untuk debat dan saya siap melayaninya 7 hari 7 malam, he he. Tapi 7 hari 7 malam itu bisa menjadi waktu yang sia-sia.

Dalam beberapa kondisi, debat bisa bermanfaat. Namun debat pada umumnya yang sering terjadi di sekitar kita sering berujung kepda kesia-siaan dan membuang waktu belaka.

Kita akan kesulitan berdebat dengan orang pintar. Kita harus mencari argumen, logika, dan data untuk mengalahkan dia.

Namun lebih sulit bahkan tidak mungkin berdebat dengan orang bodoh, karena argumen, logika, dan fakta apa pun tidak akan berarti bagi dia.

Jadi, hindari debat.

Khawatir, Berpikir Berlebihan, dan Mengeluh

Mengkhawatirkan apa yang belum terjadi, apalagi mengkhawatirkan apa yang tidak bisa kita ubah hanyalah pekerjaan sia-sia. Jika ada yang bisa dilakukan untuk mencegah apa yang dikhawatirkan, maka lakukan. Jika tidak, maka mengkhawatirkannya pun tidak akan mengubah keadaan.

Kadang ada juga orang yang terlalu berpikir jauh. Banyak hal yang sederhana tetapi dia terlalu berpikir jauh. Berhenti merokok sebenarnya sesederhana untuk kepentingan Anda sendiri agar hidup lebih sehat, tapi banyak orang berpikir terlalu jauh memikirkan karyawan pabrik rokok.

Juga banyak orang yang berpikir jauh untuk melakukan berbagai hal, sehingga akhirnya tidak pernah terlaksana.

Dan juga mengeluh. Mengeluh hanya akan memperburuk keadaan. Jika Anda tidak suka dengan kondisi Anda saat ini, maka ubahlah. Mengeluh tidak akan mengubah apa pun.

Semuanya pekerjaan pikiran tetapi tetap saja membuang waktu dan mengganggu pekerjaan fisik Anda. Hidup terlalu singkat jika digunakan hanya untuk khawatir, berpikir berlebihan, dan mengeluh.

Penutup

Pada dasarnya setiap aktivitas yang memakan waktu tetapi tidak ada manfaatnya bagi Anda itu adalah membuang waktu. Waktu begitu sedikit, cepat berlalu, dan tidak pernah kembali, jadi jangan dibuang-buang.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *