6 Keterampilan yang Harus Dimiliki Wirausahawan Jika Anda Mau Sukses

Share via FB,Twitter, & Google+ !

Artikel ini akan membahas keterampilan yang harus dimiliki wirausahawan.

Ada yang mengatakan, langsung action saja, jangan banyak teori.

Faktanya 95% bisnis gagal.

Anda mau bagian dari 95% ini?

Karena kita bisa lihat, banyak pebisnis yang kurang membekali diri dengan pengetahuan dan keterampilan sebagai seorang wirausahawan.

Anda tidak harus menunggu sempurna, tetapi setidaknya sudah memiliki wawasan sejak awal.

Keterampilan yang Harus Dimiliki Wirausahawan

keterampilan yang harus dimiliki wirausahawan

Bisnis atau usaha adalah sekumpulan keterampilan. Jika Anda ingin memiliki keterampilan sebagai seorang wirausahawan, Anda harus memiliki sub keterampilan wirausahawan.

Jika semua keterampilan dibawah ini sudah terkumpul pada diri Anda, maka Anda sudah menjadi seorang wirausahawan yang berbeda, lebih baik dibandingkan kebanyakan pebisnis yang baru mulai.

Keterampilan #1 Adalah Pemasaran Termasuk Menjual

Bisnis atau usaha adalah pada dasarnya adalah menjual. Jika Anda mau bisnis, Anda harus mau menjual. Otomatis harus bisa menjual.

Apakah harus seperti salesman?

Tentu saja tidak, jika bisnis Anda sudah berjalan dengan sistem. Namun, mental dan kemampuan seorang salesman ada baiknya Anda miliki. Meski pun Anda tidak harus menjadi salesman sendiri.

Bicara menjual, tidak selamanya menjual produk. Seorang pengusaha akan menjual ide dan gagasan kepada investor atau kepada mitra bisnis Anda. Mungkin ide bisnis Anda bagus, tetapi karena tidak bisa menjual, tidak ada investor tertarik.

Pemasaran adalah bagian integral. Menjual bagian dari pemasaran. Pemasaran lebih luas pembahasan mulai dari segmentasi, targeting, diffrensiasi, selling, marketing mix, promosi, service, delivery dan brand.

Mungkin Anda tidak perlu jadi ahli, tetapi setidaknya memiliki wawasan yang cukup untuk menjalankan bisnis Anda.

Pada dasarnya, bisnis itu hanya 2 aktivitas, yaitu pemasaran dan inovasi. Pemasaran adalah menghasilkan uang dan inovasi menghasilkan produk dan jasa yang bisa Anda pasarkan.

Jika Anda tidak memahami pemasaran, bagaimana mau bisnis?

Keterampilan #2 Adalah Kreativitas dan Inovasi

Menurut saya kreativitas dan inovasi tidak bisa dipisahkan. Kreativitas dan pemasaran akan menghasilkan inovasi. Pemasaran akan mengarahkan Anda melihat pasar dan peluang (kebutuhan) disana. Kemudian Anda mencari ide (kreativitas) untuk memenuhi kebutuhan pasar.

Produk atau jasa baru yang memenuhi kebutuhan pasar disebut inovasi.

Tapi inovasi tidak selamanya berkaitan dengan produk. Anda bisa melakukan inovasi dalam pemasaran dan inovasi dalam pelayanan. Kunci inovasi adalah hal baru yang bermanfaat bagi masyarakat.

Seorang pebisnis harus memiliki ini agar bisnisnya tidak cepat habis. Tanpa inovasi Anda akan kalah dalam pertempuran dengan para pesaing Anda.

Ada 2 ungkapan penting berkaitan 2 keterampilan yang baru kita bahas:

  • Differentiate or die
  • Innovate or die

Differentiate adalah bagian penting dalam pemasaran. Jika Anda tidak melakuknnya, bisnis Anda akan mati. Begitu juga inovasi, tanpa inovasi akan mati bisnis Anda.

Bahkan kedua ungkapan ini sudah menjadi judul buku.

Keterampilan #3 Kepemimpinan Atau Leadership

Bisnis itu selalu melibatkan tim. Jika tanpa tim, bukan bisnis. Jika Anda menjual produk sendiri, itu namanya berdagang atau masih self employee belum bisnis. Bisnis itu cirinya ada tim.

Posisi Anda sebagai leader dari tim itu. Seharusnya seorang wirausahawan itu otomatis sebagai leader atau pemimpin.

Pencapaian tim Anda tergantung sejauh mana Anda memimpin mereka. Untuk itu penting bagi Anda yang ingin menjadi pengusaha untuk memahami kepemimpinan dan diterapkan dalam bisnisnya.

Keterampilan #4 Keuangan

Logikanya bisnis itu mencari uang, untuk itu penting Anda memiliki keterampilan keuangan. Tahukah Anda banyak bisnis gagal bukan karena tidak untung?

Ya, bisa saja sebuah bisnis itu untung, tetapi bangkrut. Alasannya karena kurang bagus dalam mengelola keuangan.

Profit memang tujuan bisnis. Omset adalah jalan mendapatkan profit. Tapi, tanpa cashflow yang cukup bisnis Anda mati.

Seorang pengusaha harus memahami apa itu profit, omset, dan cashflow serta bagaimana cara mengelolanya. Jika tidak, bisnis Anda akan sulit bertahan.

Keterampilan #5 Manajemen

Bisnis itu adalah pekerjaan yang kompleks. Akan banyak hal terlibat dengan Anda. Mulai dari uang, sumber daya manusia, aset, stok, produksi, pengiriman, pelayanan, dan sebagainya.

Nah, agar berjalan dengan baik, semuanya harus dikelola dengan baik. Jika tidak, jangan salah jika bisnis Anda amburadul.

Dalam kondisi normal, manajemen seolah tidak diperlukan. Padahal bisa jadi banyak ketidak efektifan dalam operasional sehari-hari. Ketidakefektifan artinya pemborosan. Pemborosan artinya mengurangi profit.

Anda harus bisa memanaj semuanya dengan baik agar bukannya menjadi beban tetapi dimanfaatkan secara maksimal untuk keberhasilan bisnis Anda.

Anda perlu memahami manajemen, meski pun pada akhirnya ada orang lain yang mengurus itu semua. Ingat tugas Anda adalah seorang leader, tetapi tetap harus memahami manajemen agar Anda bisa mengarahkan dengan baik tim Anda dalam mengelola perusahaan.

Keterampilan #6 Membangun dan Memelihara Sistem

Sistem adalah bagaimana bisnis Anda berjalan. Sistem harus diketahui oleh semua orang yang ada dalam bisnis Anda supaya mereka bisa menjalankan peran mereka masing-masing. Artinya harus jelas sistem yang terdokumentasi dan difahami oleh semua orang di bisnis Anda.

Andalah sebagai puncak pimpinan yang paling bertanggung jawab tentang sistem. Anda harus faham bagaimana membangun sistem dan memelihara sistem agar berjalan dengan baik.

Jika sistem sudah berjalan baik, maka bisnis akan berjalan dengan baik, tanpa maupun dengan kehadiran Anda.

Penutup

Marketing + Inovasi yang menjadikan bisnis Anda eksis.

Manajemen + Sistem yang menjadikan bisnis Anda berjalan.

Keuangan (cashflow) yang menjadikan bisnis Anda memiliki energi.

Dan Anda, seorang Leader, yang menyetir bisnis Anda mau kemana.

Semoga pemabahan keterampilan yang harus dimiliki wirausahawan bermanfaat bagi Anda dan menjadikan Anda seorang pengusaha yang tangguh.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *