Jika Anda Membawa Pekerjaan Kantor ke Rumah, Artinya Punya Masalah Ini

Share via FB,Twitter, & Google+ !

Suka membawa pekerjaan kantor ke rumah?

Alias membawa pulang pekerjaan kantor?

Jika bukan karena urgent dan terpaksa, sebaiknya hentikan.

Itu artinya Anda punya masalah, yang harus segera dihentikan.

Atau masalah itu akan segera akut dan sulit untuk diatasi.

Membawa Pekerjaan Kantor ke Rumah Itu Tidak Baik …

membawa pulang pekerjaan kantor

Jika Anda membawa pekerjaan kantor ke rumah sekali-kali, mungkin itu tidak masalah. Misalnya karena urgent harus selesai besok karena harus dipresentasikan pagi-pagi.

Namun jika itu Anda lakukan sering atau terus menerus, artinya ada masalah dalam pekerjaan Anda.

Akhirnya banyak hal yang dikorbankan.

  • Waktu istirahat Anda
  • Kebersamaan dengan keluarga
  • Kurang bersosial
  • Kurangnya waktu untuk mengembangkan diri
  • Kurang waktu untuk beribadah
  • Kehilangan peluang untuk bisnis tambahan

Bukankah hal-hal itu sangat berharga dalam hidup Anda. Bahkan Anda berdalih, bahwa Anda bekerja untuk keluarga, tetapi mengapa keluarga Anda terabaikan?

Sekali lagi, bukan tidak boleh, tetapi jika terjadi terus-menerus akan berdampak negatif bagi diri Anda dan keluarga Anda.

Jika terjadi terus menerus artinya ada masalah dalam pekerjaan Anda.

Membawa Pekerjaan Kantor ke Rumah Itu Artinya Ada Masalah …

Ya, ada masalah dengan cara Anda bekerja di kantor. Artinya produktivitas kerja Anda rendah sehingga memaksa diri Anda sendiri harus bekerja di rumah.

Prinsipnya, pekerjaan kantor diselesaikan di kantor.

Jangan membawa pulang pekerjaan kantor ke rumah. Yang boleh dibawa pulang itu adalah oleh-oleh yang akan menjadi keluarga Anda tersenyum.

Cobalah evaluasi dengan produktivitas kerja Anda. Mengapa sampai ada pekerjaan yang dibawa pulang. Mungkin Anda kurang fokus, banyak yang mengalihkan perhatian Anda, dan berbagai hal lainnya yang menurunkan produktivitas kerja Anda.

Masalah kedua adalah perencanaan yang kurang baik. Jika terlalu banyak pekerjaan urgent atau pekerjaan yang menuntut lembur sehingga terpaksa dibawa ke rumah, artinya ada masalah dalam perencanaan pekerjaan Anda.

Pikirkan cara memperbaiki perencanaan pekerjaan Anda, agar semua berjalan dengan baik tanpa harus mengorbankan waktu berharga di rumah bersama orang-orang yang Anda cintai.

Jika Atasan Sering Memberikan Pekerjaan Urgent Mendadak

Mungkin saja, pekerjaan yang memaksa harus dibawa pulang adalah pekerjaan mendadak yang diberikan atasan Anda saat menjelang pulang. Sementara besok pagi harus sudah selesai atau proyek penting akan terlewat.

Mungkin atasan Anda kurang bagus dalam perencanaan. Bantulah atasan Anda. Seringlah berkomunikasi. Anda bisa bicara tentang rencana-rencana yang akan datang sehingga bisa mengantisipasi pekerjaan Anda.

Berani menolak pekerjaan yang mengharuskan dibawa pulang. Mungkin tidak langsung menolak dengan tegas, tetapi secara bertahap.

Katakan bahwa Anda ada acara keluarga malam ini (karena memang selalu ada bukan?) sehingga khawatir pekerjaan tidak akan selesai. Ini penolakan secara halus, untuk mengingatkan kepada atasan bahwa dia ada kesalahan dalam memberikan tugas.

Walau pun akhirnya terpaksa harus menerima, setidaknya pesan Anda sudah tersampaikan sehingga diwaktu yang akan datang tidak lagi terjadi.

Akan ada transisi mengubah kebiasaan ini, secara bertahap dan tidak akan langsung berhasil.

Jika Terjadi Terus-Menerus

Anda hanya mau menerima pekerjaan di luar jam kerja, jika benar-benar terpaksa. Sekali-kali itu tidak masalah, yang masalah adalah jika terjadi secara terus-menerus.

Artinya harus segera dipikirkan jalan keluarnya. Jika penyebabnya diri Anda sendiri, artinya Anda harus memperbaiki cara kerja Anda. Meningkatkan produktivitas kerja dan mengelola pekerjaan dengan lebih baik.

Jika masalahnya ada di manajemen perusahaan termasuk atasan Anda, maka bantulah perusahaan Anda agar manajemennya lebih baik lagi. Sering berkomunikasi dengan atasan. Termasuk memberitahu dampak negatif jika banyak pekerjaan dikerjakan secara mendadak.

Dalam berkomunikasi, fokus pada kebaikan perusahaan, bukan diri sendiri. Misalnya Anda ingin mengerjakan lebih baik, dengan data yang lebih lengkap dan akurat, dan butuh waktu untuk evaluasi pekerjaan Anda. Mintalah kepada atasan Anda untuk lebih banyak waktu untuk mengerjakan sesuatu agar hasilnya maksimal.

Konsekuensi Pekerjaan

Ya, untuk bisnis tertentu, lembur dan membawa pekerjaan ke rumah bisa jadi sudah konsekuensi pekerjaan. Artinya tidak bisa dihindari.

Jika memang demikian, semuanya kembali kepada Anda.

Anda sudah faham ada dampak negatif akibat membawa pekerjaan kantor ke rumah. Namun apa boleh buat model bisnis di tempat Anda bekerja memang seperti itu.

Itu adalah pilihan Anda, apakah Anda akan menerima konsekuensinya atau Anda mencari pekerjaan lain. Pertimbangkanlah!

Penutup

Saya bukan memprovokasi Anda untuk pindah bekerja. Tapi ingat, bahwa hidup Anda bukan hanya bekerja sama. Ada keluarga yang membutuhkan kehadiran Anda.

Jika Anda kebetulan atasan atau pemilik perusahaan yang memaksa karyawan Anda membawa pulang pekerjaan, renungkanlah bahwa Anda sudah merampas hak keluarga karyawan Anda.

Ada perlu perbaikan manajemen agar itu tidak terjadi.

Saya harap, tulisan ini bisa membantu membentuk keluarga yang lebih berkualitas. Anak-anak yang lebih terperhatikan oleh orang tuanya. Broken home berkurang, sehingga meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia di masa mendatang.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *