Panduan Cara Membuat Website untuk Pemula

Share via FB,Twitter, & Google+ !

Panduan cara membuat website untuk pemula ini untuk Anda yang belum pernah membuat website sekali pun.

Artinya bukan untuk Anda yang sudah mahir.

Saya akan menjelaskan dengan bahasa sederhana, yang mudah dimengerti.

Tanpa harus pusing dengan berbagai istilah teknis.

Yang penting bisa membuat website. Betulkan?

Panduan Cara Membuat Website untuk Pemula: Apa Itu Website?

Anda mau membuat website, memangnya website itu apa?

Masih banyak yang bingung, apa sich website itu? Apa bedanya dengan blog, toko online, atau social media?

Saya akan berikan definisi sederhana, website adalah apa pun yang bisa Anda buku di internet. Jadi blog, toko online, social media seperti facebook, Youtube, dan langitcerah.com adalah website.

Website itu gabungan dari dua kata: web dan site. Web artinya jaringan, site artinya tempat. Jadi website itu sebuah tempat di jaringan. Yang dimaksud jaringan adalah jaringan internet.

Mengenal Domain dan Hosting

Jika di analogikan website itu seperti rumah. Jika Anda ingin menuju rumah, Anda harus mengetahui alamatnya. Alamat website disebut dengan domain. Rumahnya (ruang dan bangunan) disebut hosting.

Contohnya website yang sedang Anda buku ini alamatnya: www.langitcerah.com. Artinya jika Anda ingin kembali menuju website ini, buka saja alamat itu.

Saat Anda membuka sebuah website Anda akan melihat text, gambar, video, dokumen, dan sebenarnya masih banyak yang tidak nampak. Untuk menyimpan itu semua perlu ruang, itulah yang disebut dengan hosting.

Hosting itu “rumah” atau tempat untuk menyiman data dan file yang bisa di akses melalui internet. Ya, hosting itu sebenarnya sebuah komputer, mirip dengan komputer Anda, hanya saja selalu terhubung dengan internet dan bisa diakses melalui internet.

Sementara komputer biasa pada umum bisa akses website tetapi tidak bisa diakses oleh orang lain. Komputer yang bisa diakses itulah disebut server. Server tidak selamanya berfungsi untuk website. Server yang difungsikan untuk websitelah disebut hosting atau web host.

Jadi untuk bisa membuat website, Anda harus punya domain dan hosting. Jika Anda masih bingung dengan penjelasan diatas, ingat saja: domain adalah alamat, hosting adalah rumah.

Cara Mendapatkan Domain dan Hosting

Domain bisa Anda dapatkan dengan mendaftarkan dan bayar biaya sewa. Banyak tempat pendaftaran domain yang istilahnya disebut registar. Biayanya variasi mulai dari puluhan ribu sampai ratusan bahkan jutaan per tahun.

Anda hanya bisa mendaftarkan domain yang belum pernah didaftarkan oleh orang lain. Atau bisa juga sudah didaftarkan tetapi tidak disewa lagi oleh penyewanya. Artinya disebut domain yang tersedia (available).

Banyak tempat penyewaan domain baik lokal dan internasional. Anda bisa mencarinya di Google.

Sebenarnya komputer Anda bisa dijadikan server kemudian menjadi hosting. Tapi cukup ribet, membutuhkan orang yang ahli dan biayanya tidak sedikit.

Solusinya Anda bisa menyewa. Banyak penyedia hosting yang bisa Anda sewa sesuai dengan kebutuhan. Anda bisa menyewa sebagian ruang. Artinya satu komputer digunakan bersama. Namanya share hosting. Ini paling murah, meski terbatas.

Idealnya Anda bisa menyewa satu komputer penuh. Namanya dedicated hosting. Tapi biayanya cukup mahal.

Solusinya menengah bisa menyewa VPS (Virtual Private Server). Anda seorang punya server sendiri, tetapi sebenarnya tidak. Kemampuannya mirip server sendiri, sebenarnya bukan, hanya virtual saja.

Biayanya lebih murah dibandingkan server tetapi lebih mahal dibanding share hosting.

Pilih yang mana? Jawabannya tergantung kebutuhan. Untuk membuat website sederhana dan tidak terlalu banyak pengunjung, share hosting sudah cukup. Tetapi jika pengunjungnya sangat banyak, minimal gunakan VPS.

Biasanya penyedia layanan daftar domain sekaligus menyewakan hosting atau sebaliknya. Jadi Anda bisa menyewa domain dan hosting pada tempat yang sama.

Untuk perusahaan hosting lokal, Anda bisa membayar dengan cara transfer. Untuk perusahaan hosting luar negeri Anda bisa membayarnya dengan kartu kredit atau paypal.

Mengenal cPanel

cPanel adalah sebuah control panel web hosting pada Linux yang memberikan tampilan grafis dan peralatan automasi yang dibuat untuk memudahkan proses hosting di sebuah situs web. cPanel menggunakan 3 tingkat struktur untuk memberikan fungsi administrator, agen, dan pemilik situs web untuk mengatur berbagai macam aspek dari situs web dan administrasi server melalui sebuah penjelajah web standar.

cPanel ibarat Windows pada komputer. Anda bisa mengelola file, bisa install software, mengelola database, mengelola email, dan sebagainya yang berkaitan dengan fungsi hosting.

Setelah Anda menyewa domain dan hosting, Anda akan diberikan akses ke cPanel Hosting Anda melalui username dan password. Setelah login Anda akan masuk ke cPanel yang tampilannya kurang lebih seperti ini:

cpanel

Kalau cPanel Anda tampilannya beda, jangan khawatir. Tampilan akan berbeda untuk versi yang berbeda dan juga ada beberapa pilihan tema.

Ada banyak fungsi dalam cPanel, tapi tidak perlu faham semua dulu. Yang penting-penting saja terlebih dahulu.

File manager: untuk mengelola file, termasuk upload file. Upload adalah memindah file dari komputer Anda ke hosting.

Addon Domains: untuk menambah domain. Bisa saja 1 hosting bisa digunakan untuk beberapa bahkan banyak domain.

Scroll ke bawah, ada bagian software:

software hosting

Cukup fokus pada Quickinstall, yang lain abaikan saja. Quickinstall berfungsi untuk menginstall berbagai software website. Nanti dijelaskan.

Setelah punya domain dan hosting Anda sudah siap membuat website. Sebenarnya dengan mengapload sebuah file, baik berupa text, video, gambar, atau document saja, secara prinsip website Anda sudah jadi. Tapi tidak seru kan kalau isinya seperti itu?

Software Website Yang Sudah Jadi

cara membuat website

Untuk membuat website, Anda bisa membuat dari nol dengan menggunakan pemograman HTML, CSS, PHP, dan Java. Keempat pemograman ini biasanya digunakan untuk membuat website. Sebenarnya masih ada yang lain, tetapi yang paling populer adalah empat ini.

Kabar baiknya, untuk membuat website, Anda tidak perlu menguasai ketiga pemograman ini. Untuk membuat website seperti langit cerah, bisa dilakukan tanpa harus ahli ketiga pemogram tersebut.

Sudah ada orang yang membuat software-software website tinggal gunakan. Lebih seperti sebuah template, tapi cukup canggih, fleksible, dan yang kita perlukan tinggal mengisi kontennya dan melakukan pengaturan.

Software ini ada yang gratis ada juga yang berbayar. Yang digunakan langitcerah.com adalah yang gratis, namanya WordPress. Anda cukup menginstall hanya dalam 5 menit, sudah jadi. Selain wordpress ada joomla, ada prestashop, dan sebagainya.

Setiap software memiliki fungsi dan keunikan masing-masing. Yang paling populer, penggunaan cukup fleksible, dan mudah dioperasikan adalah wordpress.

Bagaimana cara install wordpress? Mudah sekali dan akan dipandu pada panduan selanjutnya. Ada baiknya sekarang ada sewa domain dan hosting dulu, nanti kembali ke sini untuk belajar cara install wordpress.

Cara install wordpress dan pengaturan dasar bisa dibaca disini.

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *